Jumat, April 11, 2008

Processor

sampai saat ini phenom masih belum bisa di rekomendasikan. Performa secara keseluruhan sangat mengecewakan. Selain itu sangat susah untuk diajak berlari/overclock. Untuk AMD masih lebih baik disarankan seri-seri sebelumnya, Athlon X2, Athlon LE atau Sempron LE seri 2 awal. (X2 3600+Thermaltake Tr2 R1=$54).

Untuk Intel, kini sudah mulai banyak di pasaran Processor dengan teknologi core generasi baru 45nm. Baik untuk Core 2 Duo (Wolfdale=E8xx), maupun Core 2 Quad (Yorkfield=E9xx). Meskipun arsitektur masih menggunakan dasar Core 2 (tidak ada perubahan kinerja secara signifikan dengan seri Core 2 sebelumnya/Conroe & Kentsfield), namun performa overclockingnya lebih tinggi, serta suhu dan konsumsi dayanya akan lebih rendah.

Dulu E2140 dan E2160 tidak diakui Intel sebagai Core 2 Duo, meskipun sudah jelas-jelas bahwa inti dienya adalah Core 2 Duo. Tapi Intel mengemasnya dengan inisial Dual Core, maksudnya biar Processor murah ini tidak membabat habis seri-seri diatasnya. Tapi kenyataannya seri ini menjadi seri yang paling laris di pasaran karena terbukti bahwa dia memang Core 2 Duo dan mampu bersaing dengan seri-seri atasnya. Untuk itu saat ini seri E21xx dihapus dari pasaran dan sebagai penggantinya Intel mengeluarkan Celeron Dual Core E1xx (eg.E1200). Ini cuma akal-akalan Intel memangkas namanya lagi ke kelas Celeron. Bukan hanya nama yang dipangkas, tapi L2nya juga dikurangi. Namun esensi dan kinerjanya tetap tidak bisa dibohongi. Processor seri ini tetaplah Processor yang kita anggap the most highly recommended CPU! (Erick Decoy H.O.T dibantu Dewa Hyem.org telah membuktikan dan mencicipi kinerja Celeron Dual Core a.k.a Core 2 Duo ini dengan pemecahan rekor dunia untuk seri ini).

Seri Processor yang paling kita rekomendasikan untuk saat ini adalah seri E430, E1200, E8200, dan Q6600. untuk seri E9xxx belum kita rekomendasikan karena harga masih terlalu tinggi untuk arsitektur yang masih sama.

(hyem, maret 2008)

Tidak ada komentar: